Informasi Harga Aki Motor Terbaru yang Tahan Lama dan Berkualitas Bagus


Tips / Thursday, December 21st, 2017

Pada sebuah motor aki merupakan salah satu item yang sangat penting, tanpa adanya komponen tersebut kemungkinan besar sebuah motor tidak bisa berjalan. Banyak orang yang mengalami kendala dengan kendaraannya akibat masalah aki. Untuk mengurangi hal tersebut sebaiknya Anda pahami ciri dari aki yang sudah tidak layak digunakan. Baik pada toko online ataupun offline harga aki motor  sangat beragam, tergantung dari spesifikasi atau merk satu dengan lainnya yang berbeda-beda. Selain itu aki juga dibedakan menjadi dua jenis antara aki kering dan aki basah.

Terkadang sebagai pemilik motor tidak pernah memahami atau menyadari hal apa saja yang bisa menyebabkan aki motor bermasalah, apalagi untuk para perempuan yang tidak begitu paham mengenai komponen sebuah kendaraan. Namun jika Anda selalu rutin melakukan pengecekan ataupun service dengan baik pasti beberapa gangguan pada aki tidak akan dialami. Pemilihan aki sendiri juga perlu Anda perhatikan, karena kualitas atau masa pakai aki yang tidak bertahan lama juga dipengaruhi oleh pemilihan pada saat pembelian.

Untuk Anda yang ingin melakukan pembelian aki, berikut ini ada panduan supaya mendapatkan aki yang tepat dan juga berkualitas yaitu:

  1. Untuk pertama kali Anda pastikan bahwa aki yang Anda pilih tersebut telah sesuai dengan jenis dan juga tipe motor Anda. Jika Anda menginginkan untuk mengganti aki yang sudah bawaan dari produsen akan lebih baiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu pada mekanik. Beberapa mekanik pada tempat service resmi akan memberikan panduan atau arahan kepada Anda untuk mendapatkan aki yang terbaik.
  2. Jangan pernah untuk mengecek kualitas dari aki tersebut, jangan terpaku pada salah satu merk yang belum Anda ketahui kualitasnya. Apalagi hanya tergiur dengan harga aki motor yang murah dari pada lainnya. Karena yang murah ataupun yang mahal tidak menjamin kualitas dari aki itu sendiri.
  3. Pengecekan pada umur aki juga penting Anda perhatikan, karena ini akan berpengaruh pada masa pakai aki tersebut. Pastikan belum kadaluarsa atau masih jauh dari tanggal yang telah ditentukan supaya menghindari kerusakan pada motor. Pada umumnya umur aki sendiri tidak lebih dari 6 bulan dari pertama kali pembuatan.
  4. Untuk Anda yang menggunakan aki basah pada kendaraannya bisa mengecek ketinggian elektrolit atau kondisi air konvensionalnya harus pada garis minimal dan maksimal. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kondisi aki supaya tidak kekurangan air sehingga menyebabkan cepat rusak.
  5. Tidak lupa juga pada bagian ukuran voltage yang perlu Anda perhatikan, dimana ada batas maksimal dan juga minimal sebelum Anda memasangnya. Hal ini dimaksudkan supaya motor tidak mengalami kerusakan saat dipasang dengan aki.
  6. Dan yang terakhir untuk memastikan angka CCA atau cold cranking ampere yang dapat Anda tes menggunakan baterai tester. Dengan begitu Anda akan mengetahui kondisi aki yang masih bagus dan tidak untuk digunakan dalam jangka panjang.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk mendapatkan aki yang mempunyai kualitas bagus dan tahan lama. Karena kendala yang disebabkan oleh aki motor juga bisa dikarenakan waktu pembelian yang kurang pertimbangan yang matang. Jangan hanya melihat dari sisi harga aki motor yang murah saja tetapi juga dari kualitas yang diberikan. Selain itu perawatan yang baik dan tepat pada aki juga diperlukan untuk membuat aki bisa bertahan lama dan tidak mudah bermasalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *